Maju Kena Mundur Kena

Pada suatu hari, seorang kapten kapal yang sangat menyukai matematika berlayar dari Belawan menuju Tanjung Priok. Dalam perjalanan, sebuah kapal bajak laut menghadang kapal sang kapten tersebut dan akhirnya berhasil menguasai kapal dan menyandera sang kapten kapal. Sang kapten bajak laut sangat senang karena berhasil menyandera kapten kapal yang terkenal akan kejeniusannya itu. Merasa dirinya lebih hebat, sang kapten bajak laut mencoba menguji kepintaran sang kapten kapal.

Sang kapten bajak laut kemudian memberi satu perintah kepada sang kapten kapal yang berbunyi, “Buatlah suatu pernyataan, dimana jika nilai dari pernyataanmu bernilai benar, maka kapal mu akan ditenggelamkan beserta seluruh awaknya, tetapi jika nilai dari pernyataanmu tersebut bernilai salah, maka kapal dan seluruh awak mu akan dibakar sampai habis.

Jika Anda adalah sang kapten kapal tersebut, pernyataan apa yang akan Anda berikan kepada sang kapten bajak laut?

Jawaban

“Kapal dan seluruh awak ku akan dibakar sampai habis.”

Penjelasan:

Jika kapten bajak laut menganggap pernyataan di atas benar, maka kapten bajak laut harus menenggelamkan kapal beserta seluruh awaknya, yang artinya pernyataan sang kapten kapal salah. Dan jika kapten bajak laut menganggap pernyataan diatas salah, maka kapten bajak laut harus membakar kapal beserta seluruh awaknya, yang artinya pernyataan sang kapten kapal benar. Dari sini sang kapten bajak laut sadar bahwa nilai (baik benar maupun salah) dari pernyataan sang kapten kapal berkontradiksi dengan apa yang akan dilakukannya.

Ending:

Sang kapten bajak laut menyadari kebodohannya dan membebaskan sang kapten kapal beserta kapal dan seluruh awaknya.

Alternate Ending:

Merasa dibodohi oleh kapten kapal, sang kapten bajak laut membakar kapten beserta kapal dan seluruh awaknya hingga kapal tersebut tenggelam. 😀

[collapse]