Ship of Theseus – Theseus’ Paradox

Ship of Theseus atau dikenal juga sebagai Theseus’ Paradox adalah suatu paradoks mengenai identitas dari suatu entitas. Paradoks ini berasal dari kisah seorang pemuda yang bernama Theseus. Theseus adalah seorang tokoh dalam mitologi Yunani yang mengalahkan Minotaur, makhluk setengah manusia setengah lembu yang tinggal dalam Labirin Knossos. Minotaur meminta tumbal secara teratur dari penduduk Athena sehingga menimbulkan keresahan bagi penduduk Athena, hingga suatu hari Theseus dengan berani memasuki labirin dan mengalahkan Minotaur.

Setelah berhasil mengalahkan Minotaur, Theseus kembali ke Athena dengan sebuah kapal yang sangat besar. Selama berabad-abad kapal Theseus tersebut dijaga agar tetap bisa berlayar di laut oleh penduduk Athena untuk membuktikan bahwa kisah heroik Theseus tersebut benar-benar ada. Masalahnya, yang membuat kapal tersebut tetap bisa berlayar selama ratusan tahun adalah berkat perbaikan terus-menerus dan penggantian suku cadang. Begitu satu papan menjadi tua dan mulai rapuh akan diganti dengan papan yang baru dan seterusnya sampai setiap bagian dari kapal itu tidak ada lagi yang asli.

Seorang ahli sejarah Yunani di sekitar abad pertama yang bernama Plutarch mempertanyakan apakah kapal itu masih Kapal Theseus yang sama atau sesuatu yang baru dan berbeda? Jika tidak sama, pada titik manakah kapal itu berhenti menjadi kapal yang sama?

Seabad kemudian, filsuf Thomas Hobbes mengajukan pertanyaan lebih jauh, bagaimana jika potongan-potongan yang asli disusun ulang menjadi sebuah kapal baru, manakah yang merupakan kapal milik Theseus yang asli?

Seorang filsuf Yunani, Heraclitus mencoba memecahkan teka-teki ini dengan menggunakan analogi seseorang yang melangkah ke sebuah sungai. Meskipun orang tadi masuk ke sungai yang sama, air yang mengalir selalu berubah tetapi sungai itu tetaplah sungai yang sama. Beberapa solusi lainnya bisa Anda temukan disini.

Pertanyaan yang lebih mengejutkan lagi adalah jika tiap sel yang mati di tubuh kita akan digantikan dengan sel yang baru dan jika BENAR setiap 5-7 tahun seluruh sel di dalam tubuh kita sudah digantikan oleh sel yang baru, apakah kita adalah orang yang sama dengan diri kita pada 5-7 tahun yang lalu?

Sumber: www.wikipedia.com